RSS

Hoax Purnama Ganda Terus Berlangsung …

06 Agu


Mars Purnama Tak Sebesar Bulan Purnama

 

T. Djamaluddin

Peneliti Utama Astronomi Astrofisika,
LAPAN Bandung

 

Kabar bohong (hoax) sekitar purnama ganda terus berjalan di beberapa milis setiap menjelang Agustus sejak 2003, termasuk tahun ini 2007. Beritanya seperti ini: “ … 27th Aug the Whole World is waiting for………….Planet Mars will be the brightest in the night sky starting August. It will look as large as the full moon to the naked eye. This will cultivate on Aug. 27 when Mars comes within 34.65M miles of earth. Be sure to watch the sky on Aug. 27 12:30 am . It will look like the earth has 2 moons. The next time Mars may come this close is in 2287.” Ini catatan saya menjelaskan fenomena oposisi Mars pada 27 Agustus 2003:

Apakah Mars Purnama pada 27 Agustus 2003 akan sebesar bulan purnama? Pertanyaan itu muncul karena ada media yang memberitakannya, mungkin karena salah kutip. Mars tak mungkin tampak sebesar bulan purnama. Mars purnama terbesar pada 27 Agustus 2003 ukurannya hanya sebesar 25,1 detik busur. Artinya lebar piringan Mars dilihat dari mata kita hanya membentuk sudut 25 detik busur atau 1/144 derajat. Bulan purnama dan juga matahari besarnya sekitar 1/2 derajat atau kira-kira setengah lebar ujung telunjuk kalau lengan kita rentangkan ke depan. Jadi, pada saat puncak purnama, Mars ukurannya kira-kira 1/72 ukuran bulan purnama. Hanya tampak titik cahaya seperti bintang cemerlang. Itu pun masih kalah dengan Bintang Kejora (Venus purnama).

Mars purnama pada 27 Agustus 2003 akan menjadi objek malam paling terang ke tiga sesudah bulan purnama dan Venus purnama (dikenal sebagai Bintang Kejora saat senja atau Bintang Timur saat pagi). Mars purnama 27 Agustus 2003 memang merupakan rekor penampakan yang hanya terjadi sekali seumur hidup. Jaraknya mencapai titik terdekat dengan bumi pada pukul 16:51 WIB, sejauh 55.758.006 km. Ini jarak terdekat dalam hampir 60.000 tahun dan akan berulang lagi baru 284 tahun lagi. Jadi tidak mungkin ada manusia mengalaminya dua kali. Jarak terdekat terakhir kali tercatat pada tahun 57.517 sebelum masehi. Ini disimpulkan berdasarkan perhitungan orbit planet-planet di tata surya. Jaraknya 55.718.000 km, lebih dekat daripada tahun ini. Jarak terdekat berikutnya baru akan terjadi lagi pada 28 Agustus 2287 km.

Sebenarnya setiap 15 – 17 tahun sekali Mars mencapai titik terdekat dengan bumi. Namun tidak sedekat 27 Agustus 2003. Pada Agustus 1971 jaraknya sekitar 59 juta km dan ukurannya lebih kecil, 24,9 detik busur. Kemudian pada September 1988 jaraknya sekitar 63 juta km dengan ukuran lebih kecil lagi, hanya 23,8 detik busur. Tahun 2003 ini mencapai titik terdekat, 55,7 juta km dengan ukuran terbesar 25,11 detik busur.

Apa yang diharapkan terlihat oleh orang awam? Tanpa teleskop, kita hanya berharap melihat bintang merah yang cemerlang menjelang tengah malam sampai pagi. Karena bulan dan Venus tidak tampak saat tengah malam, Mars akan menjadi objek paling terang. Mudah dikenali dari warna kemerahan yang cemerlang. Dengan teleskop, kita bisa melihat permukaannya secara lebih baik. Semakin besar teleskop, semakin rinci penampakannya. Kutub selatan yang berselimut es mungkin tampak dengan teleskop. Bila beruntung, beberapa kondisi cuaca di Mars juga mungkin terlihat, berupa badai debu atau awan yang mengubah penampakan Mars dari hari ke hari.  

 

               

 

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Agustus 6, 2007 in Sains Antariksa & Astronomi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: