RSS

Komet Lulin

23 Feb
Kau Datang untuk Pergi
T. Djamaluddin
Peneliti Utama Astronomi-Astrofisika, LAPAN

Sengaja judul saya buat puitis untuk menggambarkan komet Lulin, komet yang ditemukan oleh astronom Ye Quanzhi and Lin Chi-Sheng dari Obsevatorium Lu Lin di Taiwan pada 11 Juli 2007. Kode astronominya adalah C/2007 N3, artinya komet baru (C) yang ditemukan pada tahun 2007 pada tengah-bulanan ke-14 (dalam urutan abjad berarti N, yaitu akhir Juli), pada urutan ke-3. Semula objek tersebut dikira asteroid. Namun dalam pengamatan lanjutan ketika makin mendekati matahari mulai terlihat adanya koma, kepala komet yang terbentuk dari debu dan ion hasil penguapan dan ionisasi inti komet yang terdiri dari debu dan es. Semakin lama ekornya yang pendek mulai tampak dalam pengamatan dengan teleskop.

Hal yang menarik dari komet ini adalah orbitnya. Eksentrisitasnya 1,0002, artinya lengkungan orbitnya berbentuk hiperbola, yang mendekati parabola. Orbit hiperbola pada gerak benda langit dapat digambarkan secara puitis "kau datang untuk pergi", karena ini kedatangan yang pertama dan yang terakhir. Kemungkinan ia datang dari awan Oort yang sangat jauh (sekitar 50.000 Satuan Astronomi-SA, kira-kira 1 tahun cahaya, dari matahari/bumi) dan akan kembali ke dunianya yang amat dingin nu jauh di sana, mungkin juga terus melanglang buana keluar tata surya. Hal menarik kedua tentang orbitnya adalah inklinasinya 178 derajat. Artinya, orbitnya memang mendekati bidang orbit rata-rata planet di tata surya. Karenanya orbitnya tidak jauh dari ekliptika, posisi rasi-rasi yang kita kenal sebagai zodiak. Inklinasi lebih dari 90 derajat, artinya arahnya berkebalikan dari arah gerak planet-planet pada umumnya. Akibatnya, komet ini tampak bergerak relatif cepat di antara bintang-bintang, tidak seperti komet pada umumnya.

Komet Lulin mencapai titik terdekat dengan matahari (disebut perihelion) pada 10 Januari 2009 lalu pada jarak 1,2 SA (182 juta km). Diperkirakan akan melintas bumi pada jarak terdekat 0,41 SA (61 juta km) pada 24 Februari. Karena ini komet baru, sifat-sifatnya belum banyak diketahui, termasuk perkiraan kecerlangannya belum bisa dipastikan jauh-jauh hari sebelumnya. Perkiraan awal, pada saat mendekat bumi, kecerlangannya mencapai sekitar 4 – 5 magnitudo, artinya dapat terlihat dengan mata telanjang, seperti bintang yang agak redup. Tetapi prakiraan terakhir, tampaknya akan mengecewakan para pengamat, karena diprakirakan magnitudonya hanya 6 – 7 magnitodo, artinya di luar kemampuan mata manusia untuk melihat yang batasnya sekitar 6 magnitudo.

Kalau akan mengamat dengan alat bantu (binokuler atau teleskop), posisinya pada malam  23 Februari – 2 Maret berada sekitar rasi Leo. Pada malam 24 Februari posisinya dekat planet Saturnus. Dengan teleskop, komet Lu Lin tampak berwarna kehijauan karena kandungan ion-ionnya. Rasi Leo dan komet Lu Lin mulai tampak di langit timur sekitar pukul 21.00 WIB dan mencapai titik tertinggi sekitar pukul 01.00 dini hari, dan akan terbenam menjelang shubuh. Selanjutnya komet Lu Lin akan makin menjauh dan makin redup, menuju rasi Cancer dan Gemini.

Secara astrologi, dulu dan sekarang, kehadiran komet sering diinterpretasikan dengan naik tahta atau jatuhnya penguasa atau dengan kemungkinan bencana. Kini sudah ada situs yang sudah memuat ramalan astrologi kehadiran komet Lulin ini. Boleh percaya boleh tidak, tetapi secara ilmiah dan landasan keimanan, ramalan itu sama sekali tidak berdasar. Kita ambil yang pasti-pasti saja, kajian astronomi. Secara astronomi, kehadiran komet memang selalu menarik. Dengan mempelajari perilaku ekor kometnya, astronom dapat mempelajari angin matahari. Kemudian dengan mempelajari spektrumnya para astronom dapat mempelajari komposisinya, yang berarti juga mendapatkan informasi tentang komposisi bahan penyusun tata surya. Komet adalah fosil tata surya yang paling asli, yang bisa bercerita tentang asal usul tata surya kita.
 


 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada Februari 23, 2009 in Sains Antariksa & Astronomi

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: